Monday, May 20, 2013

Padang Green City Setahun Selesai

HARI INI MULAI DIBANGUN
PADANG, HALUAN — Setelah sukses dengan Basko Hotel dan Basko Grand Mall (dulu bernama Minang Plaza), selanjutnya pengusaha Minang H Basrizal Koto membangun Padang Green City di Kawasan Jl. By Pass, Kelurahan Kalumbuk, Kecamatan Kuranji, Kota Padang. Hari Sabtu (18/5) ini dilaksanakan peletakan batu pertama dan sekaligus menandakan pekerjaan pembangunan Padang Green City dimulai.
Di atas tanah seluas lebih dari 40.000 meter persegi atau 4 hektar ini akan dibangun mal, hotel dan perkantoran. Total nilai investasinya lebih dari Rp1 triliun. Mal berlantai lima dengan luas 60.000 meter persegi ditargetkan selesai pengerjannya selama satu tahun. Bulan Ramadhan tahun 2014 telah mulai beroperasi.
Acara ini akan dihadiri Wakil Gubernur Sumbar Muslim Kasim, Walikota Padang Fauzi Bahar, Direktur Utama/CEO Bank CIMB Niaga Arwin Rasyid, Direktur Utama Bank Muamalat Arviyan Arifin, Direktur Utama  Wijaya Karya Bintang Perbowo, Direktur Utama PT Graha Jakarta Utama (pengembang Padang Green City) Zico Basko) dan undangan lainnya.
Presiden Komisaris/CEO Basko Group H Basrizal Koto mengatakan meski pembangunan Padang Green City baru dimulai, namun semua ruang mal dengan konsep modern dan mewah ini nyaris telah habis disewa oleh tenant-tenant besar ternama yang didominasi tenant nasional dan internasional.
Tenant-tenant besar itu di antaranya adalah perusahaan raksasa ritel dari Korea Selatan Lotte Mart, Cinema XXI (termasuk yang Premium), elektronik city, Centro, Ace Hardware, sejumlah perusahaan makan cepat saji dan banyak lainnya.
Menurut Basrizal Koto, proyek Padang Green City ini dibangun oleh PT Graha Jakarta Utama yang tergabung dalam Basko Group dengan Direktur Utama Zico Basko.  Rencana pembangunan Padang Green City, sudah muncul sejak tahun 2012 lalu. Ini hasil diskusi dan masukan dari berbagai tokoh Sumatera Barat, termasuk Wali­kota Padang H Fauzi Bahar yang mendorong Basko untuk mengem­bangkan mal dan hotel yang sudah ada sekarang, yakni Premier Basko Hotel dan Basko Grand Mall ke kawasan By Pass.
“Atas berbagai dorongan dari tokoh-tokoh Sumbar, akhirnya saya memutuskan membangun mal dan hotel, Padang Green City di kawa­san By Pass,” katanya.
Mengapa Basko melakukan pengembangan ke kawasan By Pass? Karena menurutnya keha­diran Basko Hotel dan Basko Grand Mall di Jalan Hamka, Air Tawar serta mal dan hotel lainnya di pusat kota, jumlahnya sudah lebih dari cukup. Dan kalau dipaksanakan menambahnya, maka akan menim­bulkan berbagai dampak negatif.
Kota bisa menjadi sumpek, kemacetan akan menjadi-jadi, serta menumbuhkan persaingan yang tidak sehat. Selain itu, pengaruh buruknya juga akan dirasakan para pedagang kecil dan menengah. Ruang gerak pelaku ekonomi kecil ini akan menjadi semakin sempit dan terjepit.
Berdasarkan pertimbangan itulah, Basko akhirnya memutuskan pengembangan bisnisnya ke kawa­san By Pass. Investasi di daerah pengembangan baru ini, diharapkan bisa menjadi pemicu dan pemacu pembangunan ekonomi masyarakat sekitar.
Guna memastikan kualitas dan ketepatan waktu pengerjaan, maka proyek pembangunan Padang Green City ini ditangani oleh perusahaan BUMN yang terpercaya dan berpe­ngalaman yakni, Wijaya Karya (Wika Building). “Ditargetkan satu tahun selesai. Bulan puasa tahun depan mulai beroperasi. Ini akan menyerap sekitar 3.000 tenaga kerja,” kata Basko.
Walikota Padang Fauzi Bahar senang dan bahagia, sekaligus memberikan apresiasi atas mega proyek Padang Green Mall yang hari ini mulai dibangun oleh Basko Group. “ Ini tentu  menciptakan lapangan pekerjaan yang besar bagi masyarakat. Inilah yang saya harapkan, agar tiap tahun masalah pengangguran dapat teratasi di Kota Padang,” katanya.
Gubernur Sumbar Irwan Prayitno mengatakan, Pemprov Sumbar menyambut baik setiap investasi yang terus berdatangan. Kehadiran para investor ini semakin meya­kinkan bahwa Sumbar bukan daerah yang menakutkan untuk investasi, sebaliknya menjadi lokasi pilihan investasi.
Apalagi investasi yang nilainya ratusan miliar bahkan triliunan itu dapat mendorong perekonomian masyarakat dan menekan tingkat pengangguran. Salah satunya inves­tasi Basko Group.
Kita sangat bersyukur, investor terus berdatangan dan menjadikan Sumbar sebagai lokasi investasinya. Banyak harapan yang kita tum­pang­kan, termasuk pada investasi Basko Group, terutama untuk mendorong pertumbuhan per­eko­nomian, meningkatkan kese­jah­teraan masyarakat dan mengurangi pengangguran karena banyak me­nyerap tenaga kerja. (h/erz/vie)

Resource : http://harianhaluan.com/index.php?option=com_content&view=article&id=23502:padang-green-city-setahun-selesai&catid=1:haluan-padang&Itemid=70

0 komentar "Padang Green City Setahun Selesai", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment

Mohon Tinggalkan Respon Dan Komentar nya Mengenai Berita Yang Telah Dibaca :)

Kualitas Halaman Ini

Followers