Wednesday, April 17, 2013

Silakan Dicicipi, Nasi Goreng Tiwul Ala SBY

Cipanas, Jawa Barat: Presiden Susilo Bambang Yudhoyono kembali mendemonstrasikan keahliannya memasak nasi goreng. Kali ini, berduet dengan Ibu Negara Hj Ani Bambang Yudhoyono, SBY memasak buat duta besar dari 50 negara, dalam acara Diplomatic Gathering, di Istana Cipanas, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (13/4) siang. Berbeda dari yang biasa kita kenal, nasi goreng ala SBY dan Ibu Ani ini dicampur tiwul.
Teras belakang Istana Cipanas disulap jadi dapur dadakan. Ada kompor gas, penggorengan dan alat memasak lain, serta sejumlah bumbu dapur. Duet koki istimewa, SBY dan Ibu Ani, sangat padu. Ibu Ani yang meracik dan mengulek bumbu, SBY yang menggoreng.
"Nanti setelah usai masa bakti, saya berencana buka rumah makan, para duta besar silakan berkunjung," kata SBY sembari menggoreng nasi di dalam wajan.
Ada satu rahasia yang dibeberkan oleh SBY agar cita rasa nasi gorengnya lebih nikmat. Adalah tiwul yang dicampurkan ke dalam nasi, sehingga nasi goreng ala SBY lebih mempunyai tekstur garing.
"Rahasia lainnya nanti, saya mau turunkan ke Agus dan Ibas dulu," ujar Presiden, bercanda, menyebut kedua putera, Agus Harimurti dan Edhie Baskoro Yudhoyono yang akrab disapa Ibas.
Tiwul adalah singkong yang dikeringkan, hingga sedikit berjamur. Tiwul dikenal sebagai makanan khas desa-desa di Jawa Tengah dan Yogyakarta.
Keringat bercucuran di wajah SBY dan Ibu Ani, akibat panas kompor. Karena dibuat khusus untuk para dubes dari berbagai negara, nasi goreng dibikin tidak pedas.
"Biasanya agak pedas karena bapak sukanya begitu," Ibu Ani menuturkan, sambil mengelap keringat.
Para dubes tampak tidak sabar untuk mencicipi nasi goreng ala SBY, banyak diantara mereka yang mendekat ke dapur sambil bertanya apakah sudah siap untuk dinikmati. Banyak diantara mereka juga bertanya apa itu tiwul. Sambil terus memasak, Presiden SBY dan Ibu Ani menjawab pertanyaan para dubes satu per satu dengan senyum dan tawa.
Begitu nasi goreng tiwul ala SBY siap saji, para dubes, menteri, bahkan wartawan penasaran ingin mencicipi.
"Silakan, silakan dicicipi. Boleh ditambah suiran ayam dan kerupuk juga," kata Ibu Ani, bak penyaji sekaligus koki profesional.
Acara Diplomatic Gathering berlangsung dalam suasana yang amat santai. Para dubes beserta keluarga terlihat amat menikmati acara pagi hingga siang. Sebelumnya usai santap pagi, para dubes diajak jalan berkeliling Istana Cipanas oleh Presiden SBY dan Ibu Ani. Mereka menikmati hutan lindung, kebun Herbalia, dan Rumah Bentol.
Setelah itu, para dubes menuju teras belakang Istana Cipanas. Pada kesempatan ini, Menlu Marty Natalegawa dalam sambutannya mengatakan terima kasih kepada Presiden SBY karena telah menyelenggarakan acara informal untuk para diplomat dunia.
"Acara ini sekaligus menekankan tema diplomatik Indonesia yang dicanangkan Presiden SBY, yakni Million Friends, Zero Enemy," ujar Menlu Marty.
Acara juga dimeriahkan oleh kuis bagi para dubes. Para perwakilan negara sahabat diminta beradu pengetahuan seputar Indonesia, musik, dan pengetahuan umum. Presiden SBY juga memberikan door prize kepada dubes yang bisa menebak ukuran sepatunya.
Selain dubes dari 50 negara beserta keluarga, hadir pula sejumlah menteri KIB II, seperti Menko Polhukam Djoko Suyanto, Menko Perekonomian Hatta Rajasa, Menko Kesra Agung Laksono, Meneseneg Sudi Silalahi, Seskab Dipo Alam, Mendagri Gamawan Fauzi, Menkeu Agus Martowardojo, Menkes Nasifah Mboi, Menristek Gusti Muhammad Hatta, dan MenKop dan UKM Syarief Hasan. Ada pula Kapolri Jendral Timur Pradopo, Panglima TNI Laksamana Agus Suhartono. (webpresiden/dik)

0 komentar "Silakan Dicicipi, Nasi Goreng Tiwul Ala SBY", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment

Mohon Tinggalkan Respon Dan Komentar nya Mengenai Berita Yang Telah Dibaca :)

Kualitas Halaman Ini

Followers