Friday, May 17, 2013

Ingrid Kansil Deklarasikan Asosiasi Tani Hutan Rakyat dan Nelayan Indonesia



bbm__1322534126925
Anggota DPR-RI Periode 2009-2014, Ingrid MP Kansil SSos (ist)

Sukabumi: Kendati kesibukannya sebagai Anggota DPR-RI Periode 2009-2014 kian padat, namun hal tersebut tidak menghalangi Ingrid MP Kansil SSos mencurahkan perhatian pada para petani dan nelayan. Fitnah yang ditebar di jejaring sosial Twitter juga tidak mempengaruhi konsentrasinya untuk bekerja dan bertemu dengan rakyat.

Ingrid MP Kansil hadir di tengah-tengah para petani untuk ikut mendeklarasikan secara nasional Asosiasi Tani Hutan Rakyat dan Nelayan Indonesia atau disingkat ASA TAHARANI di  Sagaranten, Sukabumi.

Dalam kesempatan itu, Ingrid MP Kansil yang duduk di Komisi VIII DPR berdialog dengan petani. Ingrid MP Kansil, isteri Menteri Koperasi dan UKM Sarief Hasan, menerangkan, deklarasi ini merupakan kebangkitan kita bersama sebagai negara agraris sekaligus negara kepulauan terbesar di dunia yang memiliki pengaruh besar dalam menentukan perekonomian dunia.

“Usaha tani hutan rakyat merupakan ujung tombak generator perkembangan ekonomi masyarakat Indonesia. Sebagaimana kita ketahui bersama, petani dan nelayan kita jumlahnya kurang lebih 50 persen dari rakyat Indonesia. Pemerintah kita menaruh konsentrasi yang besar pada sektor pertanian dan perikanan, bahkan pada tahun 2013 ini, Kementerian Kelautan dan Perikanan sebagai kementrian yang menangani langsung permasalahan pertanian dan perikanan telah mendapatkan DIPA anggaran sebesar Rp 7,07 triliun. Anggaran tersebut dapat dibilang meningkat sebanyak 18 persen dibandingkan APBN 2012,” Ingrid MP Kansil memaparkan.

Selain itu, kata Ingrid Kansil, dalam peningkatan dan pengembangan usaha pertanian serta perikanan, pemerintah pun telah memfasilitasi KUR (Kredit Usaha Rakyat) yang dijamin kemudahannya. Dengan demikian nelayan dan petani kita menjadi nelayan dan petani yang bankcable khususnya dalam memanfaatkan fasilitas kredit dalam pengembangan usaha.

“Pendeklarasian ASA TAHARANI di Kabupaten Sukabumi tentu akan memberikan banyak pencerahan bagi masyarakat. Kini petani dan nelayan yang merupakan mayoritas mata pencarian masyarakat, khususnya Sukabumi, memiliki wadah yang kuat, tangguh dan dinamis,” kata Ingrid Kansil.

Ingrid Kansil juga menekankan kepada pemerintah Kabupaten Sukabumi bahwa penguatan-penguatan tidak hanya dilakukan pada SDMnya saja (dalam hal ini peningkatan kompetensi usaha petani dan nelayan) tapi juga pembangunan infrastruktur khususnya moda transportasi Sukabumi.

Dalam bagian lain paparannya, Ingrid Kansil mendukung penuh agar transportasi kereta api melalui Sukabumi Express yang memiliki rute Sukabumi-Bogor, Bogor-Jakarta dapat segera  direalisasikan karena pembangunan jalan tol Bocimi (Bogor-Cianjur-Sukabumi) belum terealisasi.

“Saya sangat mendukung agar pihak Pemerintah melalui Bappenas, Kementerian PDT dan Kementerian PU segera mengoptimalkan penyediaan kereta api. Hal ini tentu akan disambut antusias masyarakat Sukabumi. Selama ini aktifitas ekonomi terhambat karena terbatasnya moda transportasi cepat yang dapat mengfasilitasi seluruh kegiatan perekonomian masyarakat Sukabumi,” kata Ingrid Kansil mengakhiri pembicaraan. (rilis/dik)


Resource : http://www.demokrat.or.id/2013/05/ingrid-kansil-deklarasikan-asosiasi-tani-hutan-rakyat-dan-nelayan-indonesia/

0 komentar "Ingrid Kansil Deklarasikan Asosiasi Tani Hutan Rakyat dan Nelayan Indonesia", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment

Mohon Tinggalkan Respon Dan Komentar nya Mengenai Berita Yang Telah Dibaca :)

Kualitas Halaman Ini

Followers