Monday, May 20, 2013

Besok, Pesiden SBY Lantik Chatib Basri Sebagai Menkeu

9059CATIB BASRI
Presiden SBY dan Mensesneg Sudi Silalahi saat melakukan uji kepatutan dan kelayakan Chatib Basri sebagai calon Menkeu, di Kantor Presiden, Senin (20/5) siang. (foto: akun twitter @SBYudhoyono)

Jakarta: Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengumumkan terpilihnya Dr Muhammad Chatib Basri sebagai Menteri Keuangan RI yang baru menggantikan Agus Martowardojo yang akan menjabat sebagai Gubernur BI menggantikan Darmin Nasution. Menkeu yang baru ini rencananya dilantik besok, Selasa (21/5).

“Saya telah menetapkan calon Menteri Keuangan RI yang baru menggantikan Bapak Agus Martowardojo, yang telah saya keluarkan Keputusan Presidennya untuk menjadi Gubernur BI menggantikan Darmin Nasution beberapa saat yang akan datang,” kata Presiden SBY dalam keterangan persnya usai menerima calon Menkeu Chatib Basri dan Kepala KASAD Pramono Edhie secara bergantian di Kantor Presiden, Senin (20/5) pukul 14.00 WIB.

Sebelum memberi keterangan pers ini, Presiden SBY, didampingi Mensesneg Sudi Silalahi melakukan uji kepatutan dan kelayakan kepada Chatib Basri di Kantor Presiden.
“Dengan mempertimbangkan berbagai aspek, saya memberi kepercayaan dan penugasan kepada Dr Muhammad Chatib Basri untuk menjadi Menkeu baru,” Presiden menegaskan.

Dalam keterangan persnya, Presiden menjelaskan Chatib Basri adalah seorang ekonom yang memiliki pengalaman dan penugasan yang luas. Sekarang yang bersangkutan sedang menjabat sebagai Kepala Badan Koordianasi Penanaman Modal (BKPM). Selama setahun menjabat Kepala BKPM, SBY menilai investasi di Indonesia tumbuh secara signifikan, dan ini penting untuk menjadi kontributor dalam pertumbuhan ekonomi di kala ekspor Indonesia dan negara lain mengalami kemerosotan.

“Investasi menjadi penopang utama petumbuhan ekonomi Indonesia yang terjaga baik atau relatif tinggi di kala dunia mengalami resesi,” ujar SBY.
Chatib Basri juga pernah menjadi staf khusus Menkeu. Pernah pula menjabat sebagai Deputi Menkeu dan Serpa dalam rangkaian tugas-tugas G20. Sebelum menjadi Kepala BKPM, alumnus Universitas Indonesia itu juga pernah menjabat sebagai Wakil Ketua Komite Ekonomi Nasional (KEN).

“Atas pendidikan, penugasan, pengalaman dan dedikasinya, saya memandang Dr Chatib Basri cakap dan bisa mengemban tugas sebagai Menteri Keuangan RI,” Kepala Negara menegaskan. “Pelantikan dan pengambilan sumpah Dr Chatib Basri sebagai Menteri Keuangan, insya Allah akan saya lakukan esok hari,” tandasnya. (webpresiden/wan)

resource :http://www.demokrat.or.id/2013/05/besok-pesiden-sby-lantik-chatib-basri-sebagai-menkeu/

0 komentar "Besok, Pesiden SBY Lantik Chatib Basri Sebagai Menkeu", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment

Mohon Tinggalkan Respon Dan Komentar nya Mengenai Berita Yang Telah Dibaca :)

Kualitas Halaman Ini

Followers