Monday, May 20, 2013

KPU Buat Kantor Berita Pemilu

ANCAMAN OLIGARKI MEDIA
PADANG, HALUAN—Menyi­kapi maraknya ancaman dari oligarki media untuk kepen­tingan politik, KPU bakal membuat Kantor Berita Pe­milu  (KBP) untuk pemilih seluruh Indonesia.  Hal ini bertujuan untuk memaksi­malkan peran dan fungsi sebagai penyeleng­gara pemilu. Dengan demikian dapat mengakomodir kebutuhan masyarakat akan informasi pemilu dan mencerdaskan pemilih.
 
“KBP rencananya  akan direalisasikan pada akhir tahun 2013 nanti. Namun saat ini masyarakat masih bisa mengakses website resmi KPU,” kata ketua KPU RI, Husni Kamil Manik saat sila­turahmi dengan forum Editor dan salam pisah akhir jabatan KPU Sumbar di Grand Zuri Hotel Padang, Sabtu (18/5). 

Dia menambahkan, anca­man oligarki media tengah terjadi di Indonesia, dimana sekelompok kecil elit mengu­asai dan mengarahkan opini dan pengaruh  lewat media­nya. Baik media cetak, elek­tronik maupun online. Untuk itu pihaknya berharap agar media massa tidak menga­baikan kualitas jurnalistik. Di sisi lain, media massa harus mampu menghasilkan keuntungan untuk menye­jahterakan para pekerjanya, karena kualitas jurnalistik sangatlah penting.

“Kedepan dengan adanya KBP, masing-masing KPU kabupaten/ kota maupun provinsi harus mengirimkan berita, feature, artikel, foto jurnalistik ke KBP setiap harinya. Sehingga masyarakat menjadi cerdas dan mampu berpikir rasional terhadap pencitraan-pencitraan yang ada pada media” jelasnya
Sementara itu, Ketua KPU Sumbar, Marzul Veri menyambut positif akan ada­nya KBP.  Sejatinya media digunakan sebagai ruang publik  untuk pendidikan politik, bukan untuk dominasi kepentingan pemilik media. Hal inilah yang sering terjadi oleh teman-teman media. Yaitu terjadinya benturan antara pemilik media dengan pekerja media.

“Harusnya pemilik media tidak terlalu ikut campur dengan penyajian dalam medianya. Mudah-mudahan dengan adanya KBP masya­rakat akan semakin cerdas dengan penyajian-penyajian berita yang tersedia. Sehingga KBP akan menjadi rujukan objektif daripada media yang dimiliki oleh sekelompok elit (oligarki).  (h/cw-lex)
resource : http://harianhaluan.com/index.php?option=com_content&view=article&id=23543:kpu-buat-kantor-berita-pemilu&catid=1:haluan-padang&Itemid=70

0 komentar "KPU Buat Kantor Berita Pemilu", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment

Mohon Tinggalkan Respon Dan Komentar nya Mengenai Berita Yang Telah Dibaca :)

Kualitas Halaman Ini

Followers