Tuesday, May 21, 2013

Komisioner KPU Bentuk Jumpers Indonesia

MASA BAKTI SUDAH HABIS

PADANG, HALUAN— Belasan anggota KPU kabupaten/kota yang tak lagi menjadi komisioner untuk periodesasi selanjutnya, kemarin mendeklarasikan pembentukan Jaringan untuk Masyarakat Penggiat Demokrasi (Jumpers) Indonesia. Wadah ini bertujuan memberi pendidikan demokrasi pada masyarakat luas.

“Boleh dikatakan, dfemokrasi di negara kita belum berjalan dengan baik. Sebagai penyelenggara pemilu kami merasakan banyak kekurangan. Tapi tak bisa berbuat banyak, karena terikat batas kewenangan. Melalui Jumpers Indonesia ini, kami akan bisa berbuat lebih banyak tentang pendidikan demokrasi,” kata Juru Bicara Jumpers Indonesia, Sondri DT Kayo, Senin (20/5) di Padang. 

Jumpers Indonesia kata Sondri, pertamakali diapungkan di Sumbar, akan berperan terciptanya demokrasi yang semakin baik, melakukan pendi­dikan demokrasi, dan memberi masukan pada penyelenggara pemilu. “Yang ikut mendeklarasikan ada belasan orang, merupakan mantan dan sebagian masih aktif sebagai anggota KPU daerah,” kata Sondri didampingi rekannya, Yunzar Lubis, Irwandy, Rinaldi dan Alzan Deri.

Yunzar Lubi menambahkan, pembentukan Jumpers Indonesia beranjak dari keprihatinan demokrasi yang terkesan pragmatis dan tidak mempunyai idealisme yang kuat. “Masya­rakat perlu berdemokrasi de­ngan baik. Jangan hanya dengan secangkir kopi, pilihan lalu berubah. Jika itu terjadi, akan menghasilkan wakil rakyat yang tidak berkualitas,” ujar Yunzar. Setelah melakukan deklarasi, Jumpers Indonesia berencana mengadakan musya­warah besar untuk memilih Majelis Anggota, Badan Pengawas dan Badan Pelaksana Harian. Pemi­lihan nama jaringan bermakna, mereka yang berhimpun dalam wadah ini bisa membangun satu kekuatan bersama dalam peningkatan kualitas demokrasi di Indonesia.

“Ini organisasi terbuka yang bisa menerima anggota dari mana saja, termasuk dari kalangan wartawan,” terang Sondri. Deklarasi Jumpers Indonesia 20 Mei 2013 sekaligus momen memperingati hari Kebangkitan Nasional. (h/rud)

resource : http://harianhaluan.com/index.php?option=com_content&view=article&id=23564:komisioner-kpu-bentuk-jumpers-indonesia&catid=1:haluan-padang&Itemid=70

0 komentar "Komisioner KPU Bentuk Jumpers Indonesia", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment

Mohon Tinggalkan Respon Dan Komentar nya Mengenai Berita Yang Telah Dibaca :)

Kualitas Halaman Ini

Followers