Tuesday, May 21, 2013

Presiden SBY Ajak D8 Tingkatkan Kerja Sama Perdagangan

9067D8SBY2
Presiden SBY menerima Sekjen D8 Seyed Ali Mousavi di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (21/5) siang. (foto: abror/presidenri.go.id)

Jakarta: Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menerima Sekretaris Jenderal Developing Eight (D8) Seyed Ali Mohammad Mousavi di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (21/5) pukul 12.00 WIB. Mousavi adalah Sekjen D8 periode 2013-2017.
Kepada Mousavi, Presiden SBY mengatakan masiah banyak kesempatan dan celah bagi seluruh negara anggota D8 untuk meningkatkan dan menjalin kerja sama baru.

“Seperti kita ketahui, organisasi kita sangat penting. Saya berharap di tahun-tahun selanjutnya, hal-hal baik bisa terus kita lakukan, khususnya peningkatkan kerja sama di berbagai bidang, seperti ekonomi dan perdagangan,” kata Presiden SBY di awal pertemuan.

Kedatangan Mousavi ini merupakan kunjungan perkenalan sebagai Sekjen D8. Mousavi yang kini menjabat Direktur Jenderal Ekonomi pada Kementerian Luar Negeri Iran, terpilih sebagai Sekjen D8 pada pertemuan tingkat menteri ke-15 D8 di Islamabad, Pakistan, pada November 2012.

D8 didirikan melalui Deklarasi Istanbul yang dihasilkan pada Konperensi Tingkat Tinggi (KTT) pertama D8, pada 15 Juni 1997. Sesuai namanya, D8 beranggotakan delapan negara berkembang, yaitu Bangladesh, Mesir, Indonesia, Iran, Malaysia, Nigeria, Pakistan dan Turki.

Prinsip-prinsip dasar D8 adalah peace instead of conflict, dialogue instead of confrontation, justice instead of double-standards, equality instead of discrimination, dan democracy instead of oppression.
Semula, D8 dimaksudkan untuk menghimpun kekuatan negara-negara anggota Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) guna menghadapi ketidakadilan dan sikap mendua negara-negara Barat. Namun, dalam 

perkembangannya, D8 ditetapkan sebagai kelompok yang tidak bersifat eksklusif keagamaan dan ditujukan untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat negara anggotanya melalui pembangunan sosial dan ekonomi.
Mendampingi Presiden SBY pada kesempatan kali ini adalah Mensesneg Sudi Silalahi dan Seskab Dipo Alam. (webpresiden/wan)

resource: http://www.demokrat.or.id/2013/05/presiden-sby-ajak-d8-tingkatkan-kerja-sama-perdagangan

0 komentar "Presiden SBY Ajak D8 Tingkatkan Kerja Sama Perdagangan", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment

Mohon Tinggalkan Respon Dan Komentar nya Mengenai Berita Yang Telah Dibaca :)

Kualitas Halaman Ini

Followers