Monday, May 20, 2013

Presiden SBY dan Ibu Ani Nonton Film `Sang Kiai`

SANG KIAI
Film Sang Kiai (21cineplex.com)

Jakarta: Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Ibu Negara Hj Ani Bambang Yudhoyono menyaksikan penayangan perdana film Sang Kiai di Studio XXI Epicentrum, Taman Rasuna, Kuningan, Jakarta, Senin (20/5) pukul 15.00 WIB. Film ini berkisah tentang tokoh pendiri Nahdlatul Ulama (NU) KH Hasyim Asy’ari, sekaligus pendiri dan pengasuh Pondok Pesantren Tebuireng.

Saat di Studio XXI, Presiden SBY dan Ibu Ani didampingi langsung oleh Ketua Yayasan Hasim Asy’ari Salahuddin Wahid. Sejumlah pendukung dan pemeran juga hadir, seperti produser Gope T Samtani dan para pemain, Ikranagara (pemeran Hasyim Asy’ari), Christine Hakim, Agus Kuncoro, Adipati Dolken, Meryza Batubara, Norman Akuwen, Dimas Aditya, dan Suzuki Naburo.

Film ini berkisah tentang kiai lyang ahir di Desa Gedang, Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, pada 10 April 1875 itu. Dikisahkan, sang Kiai juga aktif dalam kegiatan-kegiatan sosial kemasyarakatan. Bersama KH Bisri Syamsuri, KH Wahab Hasbullah, dan ulama-ulama besar lainnya, mereka mendirikan sebuah organisasi Jam’iyah Nahdlatul Ulama’ (kebangkitan ulama) pada 31 Januari 1926 di Jombang.

Film yang disutradari oleh Rako Prijanto ini menampilkan karya yang kompleks, dilengkapi dengan unsur drama, perang dan dakwah.
Peran sang KH Hasyim Asy’ari dalam membangkitkan semangat juang memicu peristiwa 10 November yang kita peringati serbagai Hari Pahlawan amatlah besar. Melalui fatwa resolusi jihad, Hadratus Syekh Hasyim Asy’ari memimpin perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Tidak berlebihan jika dikatakan, tanpa peristiwa resolusi jihad, tidak akan pernah ada NKRI.

Selain SBY dan Ibu, hadir pula Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Linda Agum Gumelar, Menakertrans Muhaimin Iskandar, Menteri ESDM Jero Wacik, Mendikbud Mohammad Nuh, Menparekraf Mari Elka Pangestu, dan Wakil Ketua MPR Lukman Hakim. (webpresiden/wan)

0 komentar "Presiden SBY dan Ibu Ani Nonton Film `Sang Kiai`", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment

Mohon Tinggalkan Respon Dan Komentar nya Mengenai Berita Yang Telah Dibaca :)

Kualitas Halaman Ini

Followers